Wednesday, November 01, 2006
sunset on 6:29 PM

HUTAN-ku oh.... HUTAN....!!!

Apa itu kebakaran hutan dan lahan?
Kebakaranhutan dan lahan adalah sebuah kejadian terbakarnya kawasan hutan/lahanbaik dalam luasan yang besar maupun kecil. Kebakaran hutan dan lahanseringkali tidak terkendali dan bila ini terjadi maka api akan melahapapa saja dihadapannya mengikuti arah angin. Kebalikannya, penyebaranapi kebakaran di lahan gambut justru tidak mengikuti arah angin. Titikapi justru berada dikedalaman lebih dari 2 meter. Pada kawasan gambutrembetan api akan meluas kesegala arah dan sulit untuk diperkirakanpenyebarannya.
Mengapa terjadi kebakaran hutan/lahan?
Kebakaranterjadi karena dua hal: karena ulah manusia baik disengaja maupun tidakdisengaja dan karena terbakar dengan sendirinya. Kebakaran dengan sendirinya juga tidak disembarang tempat. Kebakaran dengan sendirinya hanya terjadi pada daerah yang tanahnya mengandung batubara. Pada daerah lain mustahil terjadi kebakaran dengan sendirinya. Hal ini disebabkan jenis hutan alam di Indonesia yang masuk dalam kategori Hutan Tropis (tropical Forest) atau Hutan Hujan Basah (Rain Forest), sehingga lantai hutan selalu dalam keadaan basah/lembab.
Untuk unsur kesengajaan, manusia sengaja melakukannya untuk membuka dan membersihkan lahan. Pembakaran hutan dalam waktu singkat juga diyakini dapat meningkatkan kesuburan tanah. Pada beberapa kelompok masyarakat yang masih memiliki kearifan tradisional, pembakaran hutan dilakukan sebulan sebelum musim penghujan. Hal ini diperlukan karena hutan/lahan yang terbakar dalam waktu yang lama malah justru menghilangkankesuburan tanah.
Untuk unsur ketidak sengajaan biasanya terjadi pada musim kemarau panjang.Dalam musim kemarau, sebatang rokok yang dibuang kesemak yang keringakan mampu menimbulkan api apabila angin bertiup perlahan. Bekas api unggun yang tidak mati dengan sempurna juga mampu memicu terjadinyakebakaran hutan/lahan.
Yang dihasilkan dari kebakaran hutan dan lahan
Untuk setiap hektar kebakaran hutan/lahan maka akan dihasilkan :

Benda-bendatersebut diatas sangat berbahaya apabila dihirup oleh manusia. Penyakit yang bisa ditimbulkan diantaranya Infeksi Saluran Pernafasan Akut, Bronchitis dan Diare.

Dampak kebakaran hutan/lahanDampak, terhadap :

Kerugian dari kebakaran hutan/lahan

Ketiadaanlapisan ozon akan membuat matahari menyinari bumi secara langsung dan mengakibatkan kanker kulit pada manusia. Karbon yang terlepas ke udara dari hasil kebakaran hutan/lahan akan menyebabkan lapisan ozon rusak sehingga bahan berbahaya dari matahari akan sampai ke bumi tanpa halangan. Disamping itu, karbon tersebut juga akan terperangkap di atasawan pada ketinggian 5 – 7 km. Akibatnya, panas dari sinar matahari tidak dapat keluar dari bumi sehingga suhu udara akan semakin bertambah. Suhu udara di bumi rata-rata bertambah 2 derajad celciussetiap 10 tahun sejak 1980. hal ini terjadi salah satunya akibat hilangnya hutan dan kebakaran hutan.

Mencegah kebakaran hutan dan lahan

Yang sebaiknya dilakukan jika terjadi kebakaran hutan dan lahan

Yang dilakukan bila kebakaran hutan dan lahan mengurung anda

Informasi ini disebarluaskan dan di-copy dari Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI)

"Lestari hutan, lestari alam, Jayalah Indonesia....."



Comments: Post a Comment
<< Home